Friday, May 20, 2016

BUDGET PERNIKAHAN

Assalammualaikum Wr Wb,

Persiapan pernikahan selalu mental dan dana. Tapi bagi saya yang harus disiapkan adalah motto :

"Jangan Mempersulit Dirimu Sendiri"

Karena bila pernikahan itu dari awal sudah mempersulit dirimu sendiri selanjutnya akan sulit. Tapi disini yang akan saya share bukan motto, tetapi merujuk ke persiapan acara pernikahannya. Langkah awal yang wajib disiapakan adalah AMPLOP yang banyak. Amplop bagiku sangatlah penting agar kebutuhan - kebutuhan yang penting dana sudah siap di amplop tersebut.

1. Budget Mas Kawin
Pernikahan saya dengan mas kawin sejumlah uang senilai Rp 300.000,- . Jadi uang Rp 300.000,- diperoleh dari hasil kerja calon mempelai pria agar tidak tergabung dengan uang lainnya maka amplop ini yang duluan saya buat.





2. Budget Cincin Nikah
Ana siapin ini kalau kalau emas turun bisa langsung dibeli. Hehehe...


Sengaja saya memilih cincin yang polosan seperti tempo dulu agar pernikahan ini kuat sampai ajal memisahkan sepertinya cintanya pernikahan orang tua tempo dulu yang langgeng. Aamiin

3. Budget Bayar KUA
Saya berdomisili di Balikpapan, dimana apabila pernikahan dilakukan diluar kantor KUA atau dengan kata lain prosesi Ijab Qabul atau Akad Nikah dilakukan di Rumah maka wajib bayar di KUA senilai Rp 600.000,- dan dibayarkan langsung ke Bank KUA itu sendiri.


4. Budget Catering
Untuk catering ini wajib ada karena untuk menjamu tamu yang datang di acara pernikahan. Catering ini sendiri dilakukan untuk dua acara yaitu acara Akad Nikah dan acara Resepsi. Ada banyak catering di Balikpapan dan semuanya enak dengan harga sesuai dengan rasa. Apabila budget belum pas jangan paksakan dengan catering, alternatif lain yaitu panggil orang untuk masak dirumah. Orang yang sudah berpengalaman misalnya tetangga akan banyak membantu dalam hal budget pernikahan, negatifnya hanyalah dapur jadi berantakan.

Untuk pernikahan yang saya selenggarakan saya percayakan ke Catering milik Bu Chadijah (Contact Person : 085753369900, follow instagramnya di @djmakeupbpn, pin bb : 5E13A1E0) memang sebagian besar nama ini tidak setenar dengan nama catering dengan iklan besar di mobil box. Tapi catering ini sudah cocok di lidah dengan harga yang masih cukup dikantong bahkan banyak saran yang baik misal pemilihan menu saya memilih sayur capcai sawi, saya justru diberi saran untuk sawi porsi lebih baik dibuat separuh sawi separuh mihun goreng karena bila sampai sore rasa dari sawi tersebut sudah kurang karena sifat dari sayuran itu sendiri.

5. Budget Gedung
Bagi yang merencanakan pernikahan dilakakukan di rumah bahkan dilakukan 1 hari langsung dari Akad Nikah langsung ke Resepsi lupakan Amplop Gedung ini dan beralihlah ke point nomor 6.

Ada banyak harga penyewaan gedung di Balikpapan, salah satunya tempat  yang saya sewa di sekitaran Balikpapan Baru tepatnya di Gedung Sport Center Balikpapan Baru, untuk harga sewa sekitaran Rp 5.500.000,- . Gedung ini saya pilih karena memiliki tempat parkir yang luas serta bersifat outdoor sehingga para tamu tidak kegerahan.



6. Budget Dekorasi Pernikahan serta Rias Pernikahan
Amplop dekorasi ini menjadi di point nomor 6 karena pastinya dari pihak dekorasi tersebut menanyakan tempat Akad Nikah serta Resepsi diselanggarakan. Kebetulan acara pernikahan saya, saya telah booking Catering Bu Chadijah (Contact Person : 085753369900, follow instagramnya di @djmakeupbpn, pin bb : 5E13A1E0 sehingga untuk dekorasinya pun ikut dibantu karena Keluarga Bu Chadijah bisnis di Pernikahan sehingga harga yang ditawarkan untuk harga dekorasi adalah harga paket.



Kebetulan untuk dekorasi ini termasuk dekorasi kamar pengantin, dekorasi latar Akad Nikah yang saya lakukan di Rumah serta sarung kursi dan meja pada saat Resepsi.




Untuk dekorasi pun juga mencakup dekorasi untuk catering.




Riasan Pernikahan biasanya jadi satu dengan dekorasi namun bila dengan orang yang berbeda jangan lupa buat Amplop Budget Riasan Pernikahan agar budget tidak ketinggalan, berikut penampakan riasan pernikahan..













7. Budget Undangan

Untuk undangan kebetulan yang saya pesan 500 pcs. Yang perlu diperhatikan untuk undangan pastikan dengan budget yang dimiliki. Masih banyak kok harga undangan yang murah meriah dan elegan. Jangan pilih harga hanya pada satu tempat undangan. Karena harga dengan undangan yang sejenis memiliki harga yang berbeda-beda. Pemesanan undangan yang saya lakukan tempatnya disekitaran Kilometer 2 Balikpapan. Jujur percetakan ini seperti kios kecil yang tidak terlalu mentereng tapi harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan percetakan yang iklan lebih menonjol dengan undangan sejenisnya. Kiat saya manfaatkan undangan online gratis untuk teman teman yang bisa dihubungi via online selain irit di dana undangan online ini juga sangat membantu dalam waktumu sehingga tidak perlu lagi mendatangi rumah kerumah.

Undangan online gratis :



8. Budget Kue Pengantin

Ada tamu berati ada makanan, termasuk kue pengantin. Kue pengantin ini bermaksud sebagai penyatuan karena dipotong oleh kedua mempelai secara garis lurus. Sebagai kenang-kenangan untuk anak cucu kita nanti bahwa orangtuanya saat menikah pernah potong kue pengantin.

Pada umumnya kue pengantin ada berupa tart loyangan dan berupa cupcakes.  Namun pada acara saya pilihan saya jatuh ke kue pengantin berbentuk loyangan berupa 3 tingkat dan semuanya cake bukan gabus. Harganya sekitar Rp 1.000.000,- . Mengapa saya tidak menggunakan cupcakes karena setelah saya amati pada acara nikahan orang lain yang menggunakan cupcakes rata-rata kue tersebut habis diambil oleh para tamu undangan. Sehingga keluarga inti dan panitia tidak kebagian.





9. Budget Pengisi Suara

Pengisi Suara untuk acara akad nikah alahamdulillah di tolong oleh saudari enciss yang cantik jelita Ibu Dahlia. Terimakasih ya Bu Dahlia sudah banyak membantu demi kelancaran acara Seserahan dan Akad Nikah. Yupp, jadi pada tanggal 26 Maret 2016 sebelum diberlangsungkan Akad Nikah permulaan acara dilakukan Seserahan.

Lalu untuk pengisi suara di acara di acara Resepsi saya jatuhkan pilihkan ke Band Accoustic, sebut saja Mas Irfan (Contact Person : 085752266569) untuk harga sekitaran Rp 4.000.000,- dari sifat flexibelitas karena bisa diandalkan sekaligus menjadi pembawa acara pemotongan kue.


Apabila budget kalian untuk menyewa pengisi suara tidak cukup alternatif lain bisa menggunakan Salon Besar yang disambungkan ke CD atau Laptop atau media lain. Karena sama saja meramaikan suasana dan menghemat tempat bagi yang memiliki tempat sangat terbatas. Saya sendiri menggunakan Laptop dan televisi yang disambungkan ke Salon sebagai pemecah suasana saat menunggu pengantin pria datang pada acara hari Akad Nikah, karena acaranya sakral yang diputar oleh saudara saya adalah lagu Maher Zein dan Raef, tampilan di televisinya pun orang lain bisa lihat.
Ini dilakukan sebulan sebelum hari H dan dikoordinasikan dengan saudara untuk dapat meng-on-kan suara musik saat menunggu pengantin pria datang dan pada saat tamu undangan sedang makan.



9. Budget Soevenir

Untuk soevenir alhamdulillah saya membuatnya sendiri. Kreasi dari tangan kedua mempelai sendiri, berharap yang dapat soevenir saya bisa ikut bahagia, yang jomblo bisa cepat dapat punya pacar, yang sudah punya pacar bisa kejenjang pernikahan. Selain itu belum ada yang samain. Bagi ada yang mau pesan bisa langsung ke saya ya guys.



10. Fotografer / Dokumentasi
Untuk dokumentasi saya gunakan Focus Studio beralamatkan di Kilometer 4 untuk contact person bisa melalui Bu Chadijah.



11. Budget tak terduga

Alhamdulillah masih ada dana sisa untuk itu saya apresiakan ke :
a. Acara Temu Manten
b. Tambahan Bunga Asli di Meja Tamu
c. Sterofoam ucapan Mohon Doa Restu di dinding rumah pada saat akad nikah
d. Hias Mobil sendiri
e. Pembuatan x-banner (Contact Person : Masitah, Delvin Grafika 0542 - 8511622 , 082122669982








Mungkin segini dulu yang bisa saya share, semoga saya bisa share lagi yaa.

Semoga dapat bermanfaat.


Wassalammualikum Wr. Wb.


16 comments:

  1. Hi mba, maaf klo boleh tau budged dekor dan catring bu chadijah boleh di sharing gk mba? Kebeneran adik saya mau nikah juga, lg mau cari perbandingan harga :) makasih

    ReplyDelete
  2. Hai Calon Pengantin ~
    Percayakah kalian bahwa melangsungkan pernikahan tidak perlu ribet dan mahal? Dengan memakai jasa Wedding Organizer HIS Graha Elnusa, Anda bisa melangsungkan pernikahan ALL IN PACKAGE bergaya elegant di Jakarta Selatan dengan harga dibawah rata-rata dan dapat CASHBACK 35 Juta juga lho!

    Mau tahu berbagai jenis Wedding Packagenya? Langsung saja kunjungi www.hisgrahaelnusa.com dan pantau terus update terbaru kami di Instagram @his_grahaelnusa.

    > For more info please contact Marketing HIS Wedding Graha Elnusa 083873396243 (RATIH) atau datang langsung ke kantor HIS di Graha Elnusa Lt.2, Jl.TB. Simatupang Kav.1B, Cilandak Timur.

    ReplyDelete
  3. Haduuhh.. mahal banget biaya nikah sekarang yak?
    Nabung biasa sih ga bakal kesampean deh..
    kalo nabung pake cara ini, katanya cepet, bener ga sih?
    menabung di peer to peer lending

    ReplyDelete
  4. Paket Pernikahan di HIS K-LINK TOWER
    PAKET SUDAH TERMASUK:
    1. Venue FULL CARPET di K-LINK TOWER BALLROOM
    2. Catering
    3. Dekorasi All Area
    4. Paket Make Up & Busana
    5. Dokumentasi
    6. Music Entertainment
    7. MC Hits Jakarta
    8. Wedding Organizer (WO)
    9. Wedding Car
    10. Wedding Consultant
    BONUS PROMO:
    Honeymoon BALI 3D2N, MUA by BUBAH ALFIAN, FINE GOLD 5GR, PHOTOBOOTH 2 JAM UNLIMITED DAN MASIH BANYAK LAGI
    silahkan menghubungi 081290005219 / Farika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah membaca Blog ini, terimakasih untuk para WO yang memasarkan di kolom comment, semoga bisa saling memberikan manfaat ke pembaca.

      Delete
  5. ⁣Apakah Anda Sedang Mempersiapkan Pernikahan Anda?

    Masih butuh pencerahan dan informasi tentang pernikahan kamu?

    Atau mau kenalan dengan vendor-vendor pernikahan berpengalaman?

    Kamu dan pasangan perlu kenal dengan HIS Wedding Venue dan Organizer

    HIS Wedding Venue dan Organizer memiliki 6 gedung di Jakarta dan 2 di Bandung yakni

    JAKARTA
    HIS Grand Slipi Convention Hall
    HIS Patra Jasa
    HIS Graha Elnusa
    HIS SS Tower Kuningan
    HIS LIPI Grand Ballroom
    HIS K-Link Tower

    BANDUNG
    HIS Balai Sartika
    HIS Kologdam

    Hubungi Tejo untuk detail info paketnya 082122268728 atau lihat instagramnya @hisweddingvenue

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah membaca Blog ini, terimakasih untuk para WO yang memasarkan di kolom comment, semoga bisa saling memberikan manfaat ke pembaca.

      Delete
  6. Hai calon pengantin yang sedang mencari gedung dengan ALL IN wedding package, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan penawaran harga spesial karena ada perpanjangan promo pameran IIWF.

    Venue full karpet dan full ac, ballroom luas ceiling tinggi, gedung baru dan mewah! Start 200jt sudah dapat vendor dekor, catering, rias busana/bridal, entertainment, photo dan videography. Bonus WO, MC, Wedding Car dan ada pilihan Free honeymoon 3D2N!
    Please Chat WA 089673793777 for more information ;)

    ReplyDelete
  7. Hai Calon Pengantin ~

    Percayakah kalian bahwa melangsungkan pernikahan tidak perlu ribet dan mahal? Dengan memakai jasa HIS Wedding Organizer Graha Elnusa, Anda bisa melangsungkan pernikahan ALL IN PACKAGE (Gedung, Catering, Dekorasi, Rias & Busana atau Bridal, Entertainment, Photography, WO, Wedding Car). Pernikahan kalian akan bergaya elegant seJakarta Selatan dengan harga dibawah rata-rata dan dapatkan bonus berupa Honeymoon Bali 3D2N + Logam mulia 5gr + Souvenir & Undangan dengan total 25 juta bisa di CASHBACK juga lho!

    Mau tahu berbagai jenis Wedding Packagenya? Langsung saja kunjungi www.hisgrahaelnusa.com dan pantau terus update terbaru kami di Instagram @his_grahaelnusa.

    > For more info please contact Marketing HIS Wedding Graha Elnusa 083873396243 (RATIH) atau datang langsung ke kantor HIS di Graha Elnusa Lt.2, Jl.TB. Simatupang Kav.1B, Cilandak Timur.

    ReplyDelete
  8. HIS Social Security Tower adalah Wedding Venue & Organizer yang masih Fresh Building dan menyediakan paket pernikahan yang sudah satu paket. Lokasi yang strategis terletak di Jakarta Selatan, Jalan HR Rasuna Said No. 112 B Kuningan ini memiliki kualitas gedung yang grade A premium. Untuk 800 pax dan sudah include : -Venue -Catering -Dekorasi -Rias busana / bridal -Photography -Entertainment -WO -MC -Wedding Car Jadi tinggal sediakan souvenir & undangan saja yaaa. More info : Cece 089673793777.

    ReplyDelete
  9. Mau nikah di fresh ballroom & fresh building di Jakarta selatan dengan harga terjangkau? Cobaa deh tanya-tanya ke marketing HIS Social Security Tower / Plaza BP Jamsostek. Gedung baru, ballroom baru, karpet baru & design ballroom yg kekinian. Packagenya udah lengkap banget, dapet wedding organizernya lagi untuk on the day & dpt wedding consultantnya juga buat sharing2 masalah persiapan pernikahannya. Yuk, yg penasaran boleh chat marketingnya di 081218066818 dengan Visca. Harga? Jangan khawatir masih sangat terjangkau 

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah membaca Blog ini, terimakasih untuk para WO yang memasarkan di kolom comment, semoga bisa saling memberikan manfaat ke pembaca.

      Delete
  10. Hallo Para Calon Pengantin

    Sudah berencana akan menikah dalam waktu dekat? Butuh referensi gedung pernikahan di Bandung? HIS Kologdam merupakan salah satu Venue yang tepat untuk para calon pengantin!
    Grand Ballroom yang sudah Full Karpet, Fasilitas yang lengkap, serta menyediakan semua element-element wedding. Dan yang Top-top diBandung!

    Untuk informasi lebih lengkap mengenai PROMO dan ingin mengetahui jadwal kosong pernikahan para calon pengantin.

    Boleh chat ke nomor 0853-5282-8252 (Tiara)

    ReplyDelete
  11. Hallo Para Calon Pengantin

    Lagi Merencanakan Pernikahan dalam waktu dekat? Butuh referensi gedung pernikahan yang elegant di kota Bandung? HIS Balai Sartika merupakan salah satu Venue yang tepat untuk para calon pengantin!
    Grand Ballroom yang sudah Full Karpet, Fasilitas yang lengkap, serta menyediakan semua element-element wedding. Dan tentunya vendor premium di Kota Bandung!
    Special Booking di Bulan MEI Cash Back Rp. 20.000.000 !!!
    More Info Zulfa 0896-1164-8377
    instagram : @his_balaisartika

    ReplyDelete
  12. Terimakasih sudah membaca Blog ini, terimakasih untuk para WO yang memasarkan di kolom comment, semoga bisa saling memberikan manfaat ke pembaca.

    ReplyDelete
  13. Terimakasih sudah membaca Blog ini, terimakasih untuk para WO yang memasarkan di kolom comment, semoga bisa saling memberikan manfaat ke pembaca.

    ReplyDelete