Tuesday, June 7, 2016

MENGURUS KARTU KELUARGA BARU

Assalammualaikum Wr. Wb.

Hai guys, kali ini ana mau share bagaimana cara kepengurusan Kartu Keluarga (KK) Baru di Kota Tercinta Balikpapan.

Ana menikah tanggal 26 Maret 2016 , setelah menikah ana baru mulai tersadar untuk membuat kartu keluarga 2 bulan setelahnya. Yupp, 26 Mei 2016 ana baru punya niatan untuk membuatnya langkah awal-awalnya ya guys.

1. Diskusikan, Suami ikut Istri atau Istri ikut Suami
Sebelum semua surat diurus tentukan dahulu, apakah suami nantinya ikut di alamt istri atau istri ikut di alamat suami. Ini problema yang harus ditimang-timang.

a. Suami sudah memiliki KK sendiri di Kelurahan Gunung Samarinda, sementara ana masih jadi satu dengan orang tua di Kelurahan Balikpapan Kota. (berarti istri ikut suami)

b. Kantor-kantor besar dan mudah dilalui oleh angkutan kota berada di Keluarahan Balikpapan Kota (berarti suami ikut istri)

c. Kebetulan ana punya teman yang bekerja di Kelurahan Gunung Samarinda yang bisa ditipin kerja jadi kerja gak terganggu.  (berarti istri ikut suami).

d. Hari-hari yang dilaui kebanyakan di Keluarahan Balikpapan Kota, di Kelurahan Gunung Samarinda hanya pada saat weekend. (berarti suami ikut istri)

e.Ketua RT di tempat suami lebih dekat kekeluargaannya daripada ketua RT di tempat istri  (berarti istri ikut suami).

dari poin-poin diatas perbandingan suami berbanding dengan istri 3 : 2 , tapi bila ditelaah lebih jelas justru alasan alasan tersbut yang terkuat adalah suami ikut di alamat istri karena poin a. biarpun suami sudah memiliki KK sendiri ujung-ujungnya pasti akan diubah mengingat akan ada tambahan istri, poin c. apabila mengandalkan seorang teman hanya karena teman menduduki kursi di administrsi negara suatu saat apabila kita ingin merubah KK nantinya kemungkinan meminta bantuan dari seorang tersebut karena dari awal sudah tidak terjun langsung. poin e. tipe orang berbeda-beda setiap Rt biasanya memiliki karakter masing-masing tapi di setiap Rt pastinya tetap akan memberikan surat pengantar kepada warganya untuk memudahkan warganya dalam kepengurusan berkas.

Kesimpulannya ; Suami yang ikut di alamat istri.

Sehingga untuk selanjutnya dibawah ini adalah cara-cara yang saya tempuh.

2. Pergi ke Rt Istri
Guys, ana pergi kerumah Rt ana 26 Mei 2016 hanya untuk menanyakan syarat kepengurusan Kartu Keluarga Baru. Beliau menerangkan apabila masih dalam satu kota Balikpapan hanya beda kecamatan mohon untuk membuat surat pindah si suami da Rt, Kelurahan sampai ke Kecamatan. Apabila sudah sampi di Kecamatan baru sampaikan ke Rt yang dituju. Setelah mendapatkan gambaran tersebut barulah ana memiliki gambaran.Untuk selanjutnya ana libur dalam kepengurusan menunggu surat pengantar dari Rt suami.

3. Pergi ke Rt Suami.
Balikpapan, 29 Mei 2016
Sore hari suami meminta surat pengantar dari Rt suami tinggal, Alhamdulillah berkas sudah didapatkan. Syaratnya bawa fotocopi ktp dan kartu keluarga suami yaa. Agar ketua Rt setempat bisa lihat keterangan kependudukan dengan jelas.

4. Pergi ke Kelurahan Gunung Samarinda
Balikpapan, 30 Mei 2016
Di kelurahan ini ana baru menyadari betapa cepatnya sistem administrasi di Balikpapan. Ana hanya menunjukan surat pengantar Rt suami , fotocopi ktp, dan fotocopi kartu keluarga. Si petugas tersebut langsung ngecek di web kependudukan kota balikpapan dan si petugas sudah tahu apabila si suami statusnya telah menikah 26 Maret 2016. Mungkin nge-link antara Kantor Urusan Agama dengan Kelurahan setempat. Karena si petugas melihat bahwa telah menikah si petugas meminta fotocopi Buku Nikah. Untuk fotocopi buku nikah memang sudah dipersiapkan di tas ana. Jadi gak perlu bolak balik. Beliau meminta ana ke Kecamatan Balikpapan Utara. Namun, karena jam sudah menunjukan angka mendekati siang akhirnya ana memutuskan untuk kembali ke kantor tempat ana bekerja. 

5. Pergi ke Kecamatan Balikpapan Utara
Balikpapan, 31 Mei 2016
Di kecamata berkas yang dibawa adalah surat keterangan dari kelurahan dan kartu keluarga asli. Langsung dibuatkan surat keterangan dan disuruh langsung ke Rt, Kelurahan dan Kecamatan yang dituju. Jujur di kecamatan ini cepat banget, lama parkir motornya daripada urus berkas. lagi-lagi ana langsung memutuskan kembali ke kantor dan berniat keesokan hari untuk ke Rt ana.

6. Pergi ke Ketua Rt tempat Istri
Balikpapan, 01 Juni 2016
Pagi itu ana mencoba untuk mendatangi ketua Rt tempat ana berada. Disambut oleh ketua Rt itu sendiri lho, beliau dengan sigap memberikan surat pengantar untuk dibawa ke kelurahan. Fotocopy KTP suami pun diambil ketua Rt untuk data admin warganya. Usai dari Rt ana langsung capcus ke kantor.

7. Pergi ke Kelurahan tempat Istri
Balikpapan, 02 Juni 2016
Disini jangan lupa bawa surat pengantar dari Rt, surat dari kelurahan balikpapan utara, fotocopi buku nikah, fotocopi ktp istri. Sebenarnya disini ana harus punya surat pengantar pecah kk dan surat buat kk baru. Berhubung petugasnya melihat kelengkapan data ana gak jadi disuruh balik, padahal yang ana bawa dari Rt hanya surat pengantar KK baru. Petugas ini nih yang benar-benar melayani, salut ana. Seusai dari kelurahan ana pun dapat surat yang nantinya disuruh dibawa ke kantor kecamatan balikpapan kota. Ana pun tidak langsung ke Kacamatan Balikpapan Kota, tapi capcus ke kantor karena waktu sudah menunjukan keterlambatan 1 jam.

8. Pergi ke Kecamatan Balikpapan Kota
Balikpapan, 03 Juni 2016
Mengingat jarak dari rumah ke Kecamatan Balikpapan Kota itu jauh. Ana sudah capcus dari rumah 07.30 pagi. Alamak.... ternyata Kecamatan Balikpapan Kota sudah pindah 2 bulan yang lalu. Ana bingung pindah kemana guys. Untung ada penjual tanama yang lokasinya berada di depat kantor kecamatan. Beliau bilang Kantor Kecamatan Balikpapan Kota pindah ke Klandasan tepatnya di depan hotel Bintang satu komplek dengan lembaga kursus bahasa inggris BIEC. Seusai berterimakasih atas info yang diberikan ana langsung capcus ke lokasi. Tiba disana wow... keren menurutku kantornya. menghadap ke pantai dengan gedung yang lumayan nyaman apabila penduduk datang ramai-ramai. Lokasinya pun bisa dijangkau oleh angkutan kota. Langsung ana sambangin loket 1 Penyerahan Berkas. Ana menunggu sekitar 15 menit Kartu Keluarga ana sudah jadi. Catatan kecil, petugasnya minta KTP asli suami supaya dapat diubah juga. Namun, karena suami sedang keluar kota petugasnya memberi saran untuk disusulkan saja. Sehingga disana hanya dibuatkan KK baru untuk keluarga kecil ana dan KK milik orang tua yang namanya sudah tidak ada nama ana.

Seminggu kartu keluarga ana bisa jadi itupun kalo kalian gak kerja mungkin bisa kurang dari seminggu. Catatan kecil, perbanyaklah fotocopi buku nikah, ktp, akte, dan kk baik suami ataupun istri. Sehingga tidak terjadi bolak baik atau balik di bolak.

Terimakasih buat petugas kepengurusan kependudukan dan administrasi di Kota Balikpapan, senang melihat cara kerja kalian menggunakan basis komputer, tepat dan cepat.

Wassalammualikau Wr Wb.

No comments:

Post a Comment