Tuesday, May 31, 2016

SESERAHAN

Assalammualaikum Wr Wb,

Terimakasih sudah mau mengunjungi dan membaca tulisan ini,
Kali ini yang mau ane ceritakan adalah pengalaman di acara ane sendiri, yaitu seserahan.

Asal usul seserahan ini sendiri ane kurang mengerti yang jelas seserahan mungkin artinnya untuk menghargai calon mempelai wanita sehingga seserahan isinya berupa pemberian seperangkat keperluan calon mempelai wanita dari ujung rambut hingga ujung kuku kaki.

Kalo di ane seserahan menganut tradisi campuran. Berikut ane jelaskan seserahan ane,



Barang Seserahan

Sebagai pria yang menunjukan kemapanan secara bathin dan lahir yang menginginkan menikah lebih dulu menyiapkan apa yang diperlukan calon pengantin wanita, jadi intinya kalian kudu musti siapin waktu untuk berdua belanja kebutuhan calon mempelai wanita.
Barang-barangnya yaitu,

- Tempat Tidur,
Sudah tradisi dikeluarga ane untuk menyiapkan tempat tidur ini karena kelak tidur bersama anak-anaknya kelak. Jangan lupa sertakan bed cover yaa. Untuk tempat tidur ane cenderung ke merk Bigland guys.


















- Perlengkapan Ibadah
Karena menikah sebagai salah satu ibadah, untuk itu perlengkapan ibadah itu penting. Perlengkapan ibadah ane memilih mukena berwarna putih polos yang ane pilih di pasar Kebun Sayur Balikpapan sedangkan untuk sejadah ane lebih suka di Toko Multazam karena corak dan jenis bahannya bagus dengan harga yang mudah dijangkau oleh kantong, lokasinya di Karang Jati atau cabangnya ada di Balikpapan Baru.




- Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi ini sesuai selera masing-masing ya. Kebetulan untuk handul ane singgah di Matahari Mall yang nyediain perlengkapan mandi ane.




- Daleman Wanita



- Peralatan Make Up
Untuk perlengkapan makeup ane rada bimbang mengingat kulit mudah banget berjerawat. Akhirnya pilihan jatuh ke kosmetik Wardah. Pemilihan Wardah karna dari hati, karena kosmetiknya halal cucok menemani hari hari menjadi istri. 



- Sembako
Sembako itu sembilan bahan pokok, jadi gak harus sembilan bahan pokok juga. Ane ambil  yang simpel, misal makan pastinya pakai nasi untuk itu saya membeli beras yang kemasan kecil. Lauk pauk ambil ikan atau daging kaleng, kecap manis untuk menambahkan rasa manis dalam hidup dan margarin sebagai pensukses jalannya hidup karena sifat minyak yang licin, jangan lupa diisikan teh atau kopi serta gula sebagai pelengkap minumnya.
Sebenarnya sembako ini banyak diskusinya ane dengan calon ane, ane mau karena ane melihat seserahan artis Junior Liem dengan putri Titian yang terdapat sembako yang membuktikan bahwa si pria tidak akan membiarkan istrinya kelaparan kelak, Bila dari ane dengan adanya sembako jadi lengkap seserahannya ada sandang, pangan, dan papan. Sandangnya adalah baju muslim, pangannya adalah sembako, papannya ya tempat tidur. Akhirnya calon pengantin pria mengerti katanya sih itung-itung abis nikah capek bisa dibuatkan nasi goreng terus minum teh hangat malamnya.




- Baju Muslim
Ane kemaren memang menginginkan baju muslim karena sebelumnya dibelikan daleman kurang afdol apabila baju luar tidak ada. ada dua opsi, kain bahan kebaya atau muslim. Pilihan jatuh di baju muslim mengingat ane berhijab makan calon mempelai pria ane membelikan 1 set baju muslim. Penampakan baju muslim belum bisa ditampilkan mengingat dibungkusnya dijadikan satu dengan handuk. Pilihan ane ada banyak untuk setiap toko. Namun yang paling srek jatuhlah pilihan ane ke el-zatta Balikpapan. Pelayanannya ramah, tempatnya nyaman, bajunya pas dibadan, serta lagi-lagi harganya mudah dijangkau.

- Kain Batik
Kain batik ini dapat berupa sarung, jarek, dll. mungkin gunanya agar tidak lupa pada kampung halamannya.



- Sandal, Kaos Kaki dan Tas Pesta




- Uang Seserahan
Guys, untuk uang seserahan ini ane aga aga gimana gitu yaa... dibilang kurang setuju juga enggak dibilang setuju juga gak. Uang seserahan kebanyakan orang mengartikan sebagai seorang orang tua yang menjual anak ke pria pilihan anaknya mungkin seperti itu pendapat orang. Namun, menurut pendapat ane uang seserahan itu adalah bentuk kemapanan calon mempelai pria. Menikah bukan hanya dibutuhkan persiapan batin, tapi juga perlu disiapkan mental dengan uang seserahan ini sebagai bentuk kemapanan seorang pria dalam mempersunting wanita pujaannya. Uang seserahan ini nantinya diberikan kepada orangtua calon mempelai wanita yang nantinya mungkin dapat digunakan sebagai acara pernikahannya nanti. Semoga dapat dipahami yua guys.

- Buah
Ane yakini buah-buahan yang masih segar yang masih berasa manis pastinya berdoa kepada pencipta-Nya. Kemanisan dan kesegaran yang alami semoga bisa tercipta pada rumah tangga yang akan dijalani calon pengantin kelak.



Sekian yang bisa ane share yaa. Semoga bermanfaat.


Wassalammualiam Wr Wb.

No comments:

Post a Comment